Kelas SMA, Kuliah, Umum

0001-7236759296_20210905_144557_0000

 

Dibagi lagi menjadi 2 kelas berdasarkan TUJUAN dan TARGET belajar siswa, yaitu:

1. Program Persiapan ujian  JLPT

  • JLPT adalah Japanese Language Proficiency Test dengan kata lain Ujian Kemampuan Bahasa Jepang. Ujian ini diselenggarakan oleh Japan Foundation, setahun 2 kali diselenggarakan, dibulan Juli dan Desember. Ujian diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota-kota lainnya.
  • JLPT dibagi lagi ke dalam tingkatan, yaitu JLPT N5 level terendah hingga JLPT N1 yang tertinggi. JUKU hanya menyediakan persiapan JLPT hingga level N3.
  • Ujian JLPT bersistem ujian tulis.

0001-7359353596_20210907_144227_0000

2. Program Persiapan ujian JFT A2

  • JFT A2 Basic adalah  ujian untuk mengukur kemampuan komunikasi dalam bahasa Jepang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Ujian ini mulai diselenggarakan oleh The Japan Foundation pada bulan April 2019. Ujian ini mengukur kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan oleh orang asing yang akan berangkat ke Jepang untuk bekerja, untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari di Jepang, dan menentukan apakah mereka memiliki “kemampuan percakapan sehari-hari dan kemampuan selama hidup di Jepang tanpa adanya kesulitan”. JFT-Basic dapat digunakan untuk membuktikan kemampuan bahasa Jepang yang diperlukan untuk mengajukan status izin tinggal Pekerja Berketerampilan Spesifik No. 1 di Jepang.
  • JFT-Basic diselenggarakan dengan metode Ujian Berbasis Komputer (CBT: Computer Based Testing). Soal ditampilkan melalui komputer dan peserta menjawab melalui komputer di tempat ujian di negara tersebut. Di bilik ujian, Anda akan menjawab soal di layar dan audio yang terdengar di headphone.

0001-7359511463_20210907_144612_0000

 

Sekarang apa bedanya ya JLPT dan JFT A2 Basic???

  • Japanese-Language Proficiency Test (JLPT) adalah ujian komprehensif yang dirancang untuk menilai kemahiran pembelajar bahasa Jepang dari berbagai latar belakang dalam berbagai situasi. JLPT terbagi menjadi 5 level, yakni N1 s/d N5. Sementara itu, JFT-Basic adalah ujian untuk mengukur kemampuan komunikasi dalam bahasa Jepang yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari di Jepang, dan hanya memiliki satu level.
  • Metode penyelenggaraan JLPT dan JFT-Basic juga berbeda. JLPT adalah ujian berbasis lembar jawaban yang diselenggarakan 2 kali setahun pada tanggal ujian tertentu. Sementara itu, JFT-Basic adalah ujian berbasis CBT yang diselenggarakan 6 kali setahun pada tanggal yang berbeda di masing-masing negara.
  • Hasil JLPT tersedia secara online kira-kira 2 bulan setelah tanggal ujian, dan pemberitahuan kelulusannya dikirim kira-kira 3 bulan setelah tanggal ujian. Sementara itu, hasil JFT-Basic tersedia pada hari ujian dan Notifikasi Hasil Penilaian akan diterbitkan dalam waktu 5 hari kerja sejak hari ujian.
  • Meskipun bukti kelulusan Japanese-Language Proficiency Test (JLPT) level N4 atau lebih tinggi juga dapat digunakan untuk mengajukan status izin tinggal Pekerja Berketerampilan Spesifik No. 1, karakteristik JFT-Basic adalah banyaknya kesempatan untuk mengikuti ujian dan hasilnya dapat segera diketahui.